Pengertian Lembaga Sosial
Pengertian istilah lembaga sosial dalam bahasa Inggris adalah social institution, namun social institution juga diterjemahkan sebagai pranata sosial. Hal ini dikarenakan social institution
merujuk pada perlakuan mengatur perilaku para anggota masyarakat. Ada
pendapat lain mengemukakan bahwa pranata sosial merupakan sistem tata
kelakukan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas - aktivitas untuk
memenuhi berbagai macam kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.
Sedangkan menurut Koentjaraningrat Lembaga sosial merupakan satuan norma
khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan
khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Istilah lain yang digunakan adalah bangunan sosial yang diambil dari bahasa Jerman sozialegebilde dimana menggambarkan dan susunan institusi tersebut.
Fungsi lembaga sosial adalah untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku anggotanya.
Perkembangan Lembaga Sosial
Terbentuknya lembaga sosial bermula dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan kehidupan bersama. Sebagaimana diungkapkan oleh Soerjono Soekanto lembaga sosial tumbuh karena manusia dalam hidupnya memerlukan keteraturan. Untuk mendapatkan keteraturan hidup bersama dirumuskan norma - norma dalam masyarakat sebagai paduan bertingkah laku.
Mula - mula sejumlah norma tersebut terbentuk secara tidak disengaja. Namun, lama - kelamaan norma tersebut dibuat secara sadar.
Sejumlah norma - norma ini kemudian disebut sebagai lembaga sosial. Namun, tidak semua norma - norma yang ada dalam masyarakat merupakan lembaga sosial karena untuk menjadi sebuah lembaga sosial sekumpulan norma mengalami proses yang panjang.
Menurut Robert M.Z. Lawang proses tersebut dinamakan pelembagaan atau institutionalized, yaitu proses bagaimana suatu perilaku menjadi berpola atau bagaimana suatu pola perilaku yang mapan itu terjadi. Dengan kata lain, pelembagaan adalah suatu proses berjalan dan terujinya sebuah kebiasaan dalam masyarakat menjadi institusi/lembaga yang akhirnya harus menjadi paduan dalam kehidupan bersama.
Proses Pembentukan Lembaga Sosial
Para ilmuan sosial hingga saat ini masih berdiskusi tentang
penggunaan istilah yang berhubungan dengan ”seperangkat aturan/norma
yang berfungsi untuk anggota masyarakatnya”. Istilah untuk menyebutkan
seperangkat aturan/norma yang berfungsi untuk anggota masyarakatnya itu,
terdapat dua istilah yang digunakan, yaitu ”social institution”
dan ”lembaga kemasyarakatan”. Mana yang benar? Tentu semunya tidak ada
yang salah, semuanya benar. Hanya saja ada perbedaan penekanannya.
Mereka yang menggunakan istilah ”social institution” pada umumnya
adalah para antropolog, dengan menekankan sistem nilainya. Sedangkan
pada sosiolog, pada umumnya menggunakan istilah lembaga kemasyarakatan
atau yang dikenal dengan istilah lembaga sosial, dengan menekankan sistem norma yang memiliki bentuk dan sekaligus abstrak. Pada tulisan ini, akan digunakan istilah lembaga sosial dengan tujuan untuk mempermudah tingkat pemahaman dan sekaligus merujuk pada kurikulum sosiologi yang berlaku saat ini. Pada awalnya lembaga sosial terbentuk dari norma - norma yang dianggap penting dalam hidup bermasyarakatan. Terbentuknya lembaga sosial berawal dari individu yang saling membutuhkan , kemudian timbul aturan - aturan yang disebut dengan norma kemasyarakatan. Lembaga sosial sering juga dikatakan sebagai sebagai Pranata sosial.
Suatu norma tertentu dikatakan telah melembaga apabila norma tersebut :
- Diketahui
- Dipahami dan dimengerti
- Ditaati
- Dihargai
- Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok.
- Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan.
- Memberi pegangan kepada anggota masyarakat untuk mengadakan pengawasan terhadap tingkah laku para anggotanya.
Tipe - Tipe Lembaga Sosial
Lembaga sosial mempunyai tujuan umum yang sama, yakni
mengatur warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Tetapi
apabila dirinci lebih lanjut, karena kebutuhan hidup itu juga bermacam -
macam maka bermacam-macam pula keberadaan lembaga sosial. Oleh karena itu di dalam masyarakat dijumpai lembaga sosial yang bermacam - macam tipologinya. Gillin dan Gillin (1954) mengemukakan tipe - tipe lembaga sosial (dikutip oleh Koentjaraningrat, juga oleh Soerjono Soekanto) sebagai berikut :
Lembaga sosial berdasarkan perkembangannya
- Crescive institutions adalah lembaga sosial yang secara tidak sengaja tumbuh dari kebiasaan masyarakat. Misalnya : tata cara perkawinan, norma - norma kesopanan, dan berbagai upacara adat yang sering dilakukan oleh masyarakat adat.
- Enacted institutions adalah lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, keuangan, kesehatan dan kebutuhan manusia lainnya. Misalnya : untuk memenuhi kebutuhan pendidikan maka dibentuk lembaga sosial yang disebut sekolah. Sekolah berfungsi untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan.
Lembaga sosial berdasarkan nilai/kepentingan yang diterima masyarakat
- Basic institutions
adalah lembaga sosial yang dianggap penting dalam upaya pengawasan
terhadap tata tertib di masyarakat. Misalnya Negara Indonesia melalui
pemerintahannya yang akan selalu melindungi rakyatnya, untuk itu
dibentuk lembaga sosial yang dinamakan Pemerintahan RI yang diwakili
oleh Presiden dan Wakil Presiden.
- Subsidiary institutions adalah lembaga yang dianggap kurang penting. Misalnya lembaga sosial yang memberikan sarana refreshing seperti tempat.
Lembaga sosial berdasarkan penerimaan masyarakat
- Approved institutions adalah bentuk lembaga sosial yang diterima secara umum oleh masyarakat. Misalnya, adanya lembaga peradilan yang berfungsi untuk mengurangi dan mengadili para pelaku penyimpangan sosial.
- Unsanctioned institutions
adalah bentuk lembaga sosial yang secara umum ditolak oleh masyarakat.
Misalnya berbagai perilaku penyimpangan, seperti adanya pusat
perjudian yang akan memberikan dampak negative terhadap pelaku dan
masyarakat sekitarnya.
Lembaga sosial berdasarkan faktor penyebarannya
- General institutions
adalah bentuk lembaga sosial yang diketahui dan dipahami masyarakat
secara umum. Misalnya keberadaan agama sebagai pedoman hidup manusia
maka dibentuklah lembaga agama.
- Restricted institutions adalah bentuk lembaga sosial yang
hanya dipahami oleh anggota kelompok tertentu. Misalnya pelaksanaan
ajaran agama Islam, kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Kong Hu Cu, atau
berbagai aliran kepercayaan lainnya, yang pelaksanaan ajaran agama itu
hanya dipahami oleh pemeluk ajaran agama yang bersangkutan.Contohnya
Kewajiban sholat lima waktu bagi Umat Islam dan Beribadah ke gereja bagi
Umat Kristen.
Lembaga sosial berdasarkan fungsinya
- Cooperative institutions adalah bentuk
lembaga sosial yang berupa kesatuan pola dan tata cara tertentu.
Misalnya lembaga yang mengurusi industri seperti pabrik tekstil yang
memiliki pola produksi dalam memasarkan produknya.
- Regulative institutions adalah
bentuk lembaga sosial yang bertujuan mengatur atau mengawasi
pelaksanaan nilai-nilai atau norma-norma yang berkembang di masyarakat.
Misalnya lembaga hukum yang berfungsi untuk mengawasi melaksanakan dan
menegakkan hukum seperti kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan).
Hubungan Antar Lembaga Sosial
Dalam masyarakat yang heterogen terdapat berbagai jenis
lembaga sosial dimana satu sama lain saling berhubungan dan saling
melengkapi dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sebagai contoh
masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia merupakan satu kesatuan dari
struktur yang terdapat dalam masyarakat, yang terdiri dari berbagai
macam lembaga sosial, stratifikasi sosial, nilai dan norma sosial, dan
kelompok - kelompok sosial.Pada masyarakat Indonesia akan terlihat berbagai macam lembaga sosial yang ada, seperti halnya lembaga pendidikan, keluarga, rekreasi, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Hubungan antara lembaga sosial dalam masyarakat tidak selalu sejalan dan serasi. Ketidakcocokan antara berbagai lembaga sosial dapat kita lihat dalam kehidupan masyarakat. Misalnya kebiasaan merokok. Norma dalam lembaga kesehatan menekankan untuk menghindari kebiasaan merokok tersebut karena berdampak pada masalah kesehatan. Tetapi berbeda dengan lembaga ekonomi yang justru menekankan norma yang berbeda. Berkembangnya industri rokok, berarti akan berdampak pada peluasan lapangan kerja, peningkatan penerimaan pajak oleh negara, dan pembangunan sekolah serta rumah sakit oleh pemerintah sebagai konsekuensi dari pajak yang diterima.
Hubungan antara lembaga sosial tertentu dengan lembaga sosial yang lain tidak selalu sejalan. Apabila tidak disadari secara arif, maka akan menimbulkan konflik antar lembaga sosial tersebut. Untuk mengatasi hal demikian, maka diperlukan komunikasi antar lembaga sosial yang saling berseberangan sehingga ditemukan solusi yang paling tepat. Dalam kasus lembaga industri rokok dengan lembaga kesehatan sebagaimana telah dipaparkan di atas, maka diperlukan adanya komunikasi yang mengarah pada upaya bagaimana industri rokok berkembang tetapi tidak menurunkan tingkat kesehatan masyarakat.
Sebagaimana penjelasan di muka, bahwa terbentuknya lembaga sosial adalah karena adanya kebutuhan pokok masyarakat yang menuntut adanya wahana sebagai upaya pemenuhan. Oleh karena itu, lembaga sosial bukanlah suatu hal yang tetap atau langgeng, melainkan akan berubah sesuai dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat. Dalam hubungan antar-lembaga-lembaga yang ada dalam masyarakat adakalanya perubahan yang sifatnya cepat tidak dapat diikuti oleh lembaga lain. Hal ini akan berdampak pada adanya kesenjangan budaya (culture lag).
Perkembangan yang cepat dalam media massa, terutama media elektronik yang menyebabkan banyaknya penyimpangan sosial, hal ini tidak disertai dengan pendidikan moral yang dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan dan lembaga keluarga. Akibatnya, terjadi ketimpangan sosial yang semakin jauh dari apa yang diharapkan tentang tatanan sosial.
Peran dan Fungsi Lembaga Keluarga, Agama, Pendidikan, Politik - Ekonomi
Lembaga Keluarga
Keluarga adalah unit social yang terkecil dalam masyarakat. Dan juga institusi pertama yang dimasuki seorang manusia ketika dilahirkan.Proses terbentuknya Keluarga
Pada umumnya keluarga terbentuk melalui perkawinan yang sah menurut agama, adat atau pemerintah dengan proses seperti dibawah ini :- diawali dengan adnya interaksi antara pria dan wanita
- Interaksi dilakukan berulang-ulang, lalu menjadi hubungan social yang lebih intim sehingga terjadi proses perkawinan.
- Setelah terjadi perkawinan, terbentuklah keturunan , kemudian terbentuklah keluarga inti
- Untuk mendapatkan keturunan untuk meningkat derajat dan status social baik pria maupun wanita mendekatkan kembali hubungan kerabat yang sudah renggang
- Agar harta warisan tidak jatuh ke orang lain.
Tujuan Perkawinan
- Untuk mendapatkan keturunan
- Untuk meningkat derajat dan status social baik pria maupun wanita
- mendekatkan kembali hubungan kerabat yang sudah renggang
- Agar harta warisan tidak jatuh ke orang lain.
Fungsi Keluarga
- Fungsi Reproduksi artinya dalam keluarga anak-anak merupakan wujud dari cinta kasih dan tanggung jawab suami istri meneruskan keturunannya.
- Fungsi sosialisasi artinya bahwa keluarga berperan dalam membentuk kepribadian anak agar sesuai dengan harapan orang tua dan masyarakatnya. Keluarga sebagai wahana sosialisasi primer harus mampu menerapakan nilai dan norma masyarakat melalui keteladanan orang tua.
- Fungsi afeksi artinya didalam keluarga diperlukan kehangatan rasa kasih saying dan perhatian antar anggota keluarga yang merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai makluk berpikir dan bermoral (kebutuhan integratif) apabila anak kurang atau tidak mendapatkannya , kemungkinan ia sulit untuk dikendalikan nakal, bahkan dapat terjerumus dalam kejahatan.
- Fungsi ekonomi artinya bahwa keluarga terutama orang tua mempunyai kewajiban ekonomi seluaruh keluarganya . Ibu sebagai sekretaris suami didalam keluarga harus mampu mengolah keuangan sehingga kebutuahan dalam rumah tangganya dapat dicukupi.
- Fungsi pengawasan social artinya bahwa setiap anggota keluarga pada dasarnya saling melakukan control atau pengawasan karena mereka memiliki rasa tanggung jawab dalam menjaga nama baik keluarga .
- Fungsi proteksi (perlindungan) artinya fungsi perlindungan sangat diperlukan keluarga terutma anak , sehigngga anak akan merasa aman hidup ditengah-tengah keluarganya. Ia akan merasa terlindungi dari berbagai ancaman fisik mapun mental yang dating dari dalam keluarga maupun dari luar keluarganya.
- Fungsi pemberian status artinya bahwa melalui perkawinan
seseorang akan mendapatkan status atau kedudukan yang baru di
masyarakat yaitu suami atau istri. Secara otomatis mereka akan
diperlakukan sebagai orang yang telah dewasa dan mampu bertanggung jawab
kepada diri, keluarga, anak-anak dan masyarakatnya.
Lembaga Agama
Agama memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia. Ia memberikan landasan normatif dan kerangka nilai bagi kelangsungan hidup umatnya. Ia memberikan arah dan orientasi duniawi di samping orientasi ukhrowi (eskatologis). Dalam konteks ini, secara sosiologis agama merupakan sistem makna sekaligus sistem nilai bagi pemeluknya. Tetapi di era modern ini peran agama tergeser oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agama tidak lagi memiliki peran dominan dalam domain sosial kemasyarakatan. Justru Ia ditempatkan ke dalam wilayah privat, sementara wilayah publik diserahkan kepada manusia itu sendiri. Hal ini terjadi menurut beberapa pengamat karena proses sekularisasi. Di Indonesia gejala ini mulai tampak, terutama di kalangan kelas menengah. Persoalan ini secara deskriptif dikupas dalam penelitian ini.Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini berusaha menelusuri perubahan persepsi masyarakat muslim kelas menengah di Jakarta akibat sekulansasi terhadap peran agama serta faktor - faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut. Kelas menengah dalam penelitian ini meliputi kalangan ilmuan (dosen/peneliti), jumalis, pengusaha, dan pakar sosial keagamaan.
Dan hasil penelitian terungkap bahwa telah terjadi perubahan persepsi masyarakat muslim kelas menengah terhadap peran agama. Mereka memandang peran agama terutama yang dimainkan tokoh agama semisal kyai dan ustadz mengalami penurunan relatif menonjol. Hal ini terlihat dalam kemampuan mereka mempengaruhi masyarakat. Di samping itu, otoritas, penghargaan sosial, dan kredibilitas mereka juga dipertanyakan. Temuan lainnya yang menarik adalah bahwa mereka menganggap organisasi - organisasi keagamaan baik formal maupun informal- semisal Depag, MUI, NU, dan Muhammadiyah tidak signifikan lagi karena dipandang cenderung membawa suara pemerintah. Justru sebaliknya, mereka menaruh minat terhadap kelompok - kelompok pengajian semisal Paramadina karena memberikan ruang untuk memahami agama secara ilmiah.
Meskipun demikian, dalam praktek ekonomi penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat kelas menengah muslim belum melaksanakan norma - norma agama sepenuhnya. Karena mereka belum memahami prinsip-prinsip ekonomi Islam. Maka akibatnya masih terlihat perilaku menyimpang semisal KKN, ketidakjujuran, sikap manipulatif, dan lain - lain. Ini dipengaruhi oleh: Pertama kekurang-pahaman mereka terhadap ajaran Islam di samping faktor kepribadian yang diwarnai oleh pikiran, sikap, dan tindakan yang "westernized". Kedua, kadar pro fesionalitas tokoh agama yang relatif kurang mampu memenuhi kebutuhan keagamaan masyarakat kelas menengah.
Lembaga Pendidikan
Lembaga Pendidikan Keluarga
Sebagai transmisi pertama dan utama dalam pendidikan,
keluarga memiliki tugas utama dalam peletakan dasar bagi pendidikan
akhlak dan pandangan hidup keagamaan. Dikatakan pertama karena keluarga
adalah tempat dimana anak pertama kali mendapat pendidikan. Sedangkan
dikatakan utama karena hampir semua pendidikan awal yang diterima anak
adalah dalam keluarga. Karena itu, keluarga merupakan lembaga
pendidikan tertua, yang bersifat informal dan kodrati. Lahirnya
keluarga sebagai pendidikan sejak manusia itu ada. Ayah dan ibu sebagai
pendidik, dan anak sebagai terdidik. Tugas keluarga adalah meletakkan
dasar-dasar bagi perkembangan anak berikutnya, agar anak dapat
berkembang secara baik.Pengalaman Pertama Masa Kanak - Kanak
Pengalaman ini merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan berikutnya, khususnya dalam perkembangan pribadinya. Kehidupan keluarga sangat penting, sebab pengalaman masa kanak-kanak akan memberi warna pada perkembangan selanjutnya.Menjamin Kehidupan Emosional Anak
3 hal yang menjadi pokok dalam pembentukan emosional anak, adalah :- Pemberian perhatian yang tinggi terhadap anak, misalnya dengan menuruti kemauannya, mengontrol kelakuannya, dan memberikan rasa perhatian yang lebih.
- Pencurahan rasa cinta dan kasih sayang, yaitu dengan berucap lemah lembut, berbuat yang menyenangkan dan selalu berusaha menyelipkan nilai pendidikan pada semua tingkah laku kita.
- Memberikan contoh kebiasaan hidup yang bermanfaat bagi anak, yang
diharapkan akan menumbuhkan sikap kemandirian anak dalam melaksanakan
aktifitasnya sehari-hari.
Menanamkan Dasar Pendidikan Moral
Seperti pepatah “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”. Anak akan selalu berusaha menirukan dan mencontoh perbuatan orang tuanya. Karenanya, orang tua harus mampu menjadi suri tauladan yang baik. Misalnya dengan dengan mengajarkan tutur kata dan perilaku yang baik bagi anak-anaknya.Memberikan Dasar Pendidikan Sosial
Keluarga sebagai komunitas terkecil dalam kehidupan sosial merupakan satu tempat awal bagi anak dalam mengenal nilai - nilai sosial. Di dalam keluarga, akan terjadi contoh kecil pendidikan sosial bagi anak. Orang tua sebagai teladan, sudah semestinya memberikan contoh yang baik bagi anak - anak. Misalnya memberikan pertolongan bagi anggota keluarga yang lain, menjaga kebersihan dan keindahan dalam lingkungan sekitar.Peletakkan Dasar - Dasar Keagamaan
Masa kanak-kanak adalah masa paling baik dalam usaha menanamkan nilai dasar keagamaan. Kehidupan keluarga yang penuh dengan suasana keagamaan akan memberikan pengaruh besar kepada anak. Kebiasaan orang tua mengucapkan salam ketika akan masuk rumah merupakan contoh langkah bijaksana dalam upaya penanaman dasar religius anak.Tanggung Jawab Keluarga
- Adanya motivasi atau dorongan cinta kasih yang menjiwai hubungan orang tua dan anak. Hubungan yang tidak didasari cinta kasih akan menimbulkan beberapa sifat negatif bagi perkembangan anak. Begitu pula, tidak cukupnya kebutuhan anak akan kasih sayang akan membuat anak selalu merasa tertekan dan ragu dalam menjalani kehidupan selanjutnya.
- Pemberian motivasi kewajiban moral sebagai konsekuensi kedudukan orang tua terhadap keturunannya. Usia anak yang masih dini akan cukup membantu orang tua dalam penanaman sikap-sikap hidup. Rasa ingin tahu anak akan menghasilkan pengetahuan yang asli dan berakar bagi anak. Keluarga harus mampu menggunakan masa ini untuk betul-betul membentuk kepribadian awal anak sebagai anggota keluarga.
- Tanggung jawab sosial adalah bagian dari keluarga pada gilirannya akan menjadi tanggung jawab masyarakat, bangsa dan negara. Masyarakat yang sejahtera dibentuk dari keluarga-keluarga yang sejahtera pula. Keluarga merupakan awal perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, karena itu keluarga mempunyai tanggung jawab membentuk masyarakat yang sejahtera.
- Memelihara dan membesarkan anaknya. Ikatan darah dan batin antara orang tua dan anak akan memberikan dorongan alami bagi orang tua untuk betul-betul mendidik anak menjadi apa yang mereka inginkan.
- Memberikan pendidikan dengan berbagai ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang berguna bagi kehidupan anak kelak, sehingga bila ia
telah dewasa akan mampu mandiri.
Lembaga Pendidikan Sekolah
Akibat terbatasnya kemampuan orang tua dalam mendidik
anaknya, maka dipercayakanlah tugas mengajar itu kepada orang dewasa
lain yang lebih ahli dalam lembaga pendidikan formal, yaitu guru.
Sekolah sebagai wahana pendidikan ini, menjadi produsen penghasil
individu yang berkemampuan secara intelektual dan skill. Karenanya,
sekolah perlu dirancang dan dikelola dengan baik. Karakteristik proses
pendidikan di sekolah, antara lain : Diselenggarakan secara khusus dan dibagi atas jenis jenjang yang memiliki hubungan hierarkis.
- Usia anak didik di suatu jenjang pendidikan relatif homogen
- Waktu pendidikan relatif lama sesuai dengan program pendidikan yang harus diselesaikan
- Materi atau isi pendidikan lebih banyak bersifat akademis dan umum
- Adanya penekanan tentang kualitas pendidikan sebagai jawaban kebutuhan di masa yang akan datang.
Fungsi Lembaga Pendidikan Sekolah
- Mengembangkan kecerdasan pikiran dan memberikan pengetahuan anak didik
- Spesialisasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran
- Efisiensi. Pendidikan dilakukan dalam program yang tertentu dan sistematis, juga jumlah anak didik dalam jumlah besar akan memberikan efisiensi bagi pendidikan anak dan juga bagi orang tua.
- Sosialisasi, yaitu proses perkembangan individu menjadi makhluk sosial yang mampu beradaptasi dengan masyarakat.
- Konservasi dan transmisi kultural, yaitu pemeliharaan warisan budaya. Dapat dilakukan dengan pencarian dan penyampaian budaya pada anak didik selaku generasi muda.
- Transisi dari rumah ke masyarakat. Sekolah menjadi tempat anak untuk melatih berdiri sendiri dan tanggung jawab anak sebagai persiapan untuk terjun ke masyarakat.
Peranan Lembaga Pendidikan Sekolah
- Tempat anak didik belajar bergaul, baik sesamanya, dengan guru dan dengan karyawan.
- Tempat anak didik belajar mentaati peraturan sekolah.
Lembaga Pendidikan Masyarakat
- Diselenggarakan dengan sengaja di luar sekolah
- Peserta umumnya mereka yang tidak bersekolah atau drop out
- Tidak mengenal jenjang dan program pendidikan untuk jangka waktu pendek
- Peserta tidak perlu homogen
- Ada waktu belajar dan metode formal, serta evaluasi yang sistematis
- Isi pendidikan bersifat praktis dan khusus
- Keterampilan kerja sangat ditekankan sebagai jawaban terhadap kebutuhan meningkatkan taraf hidup.
Lembaga Politik - Ekonomi
Lembaga Politik
Sebagai lembaga politik, setiap negara menyelenggarakan fungsinya sebagai negara. Adapun fungsi negara adalah sebagai berikut:- Melaksanakan penertiban dan keamanan negara, dimana untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah terjadinya disintegrasi bangsa maka negara harus berperan melaksanakan penertiban.
- Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
- Pertahanan.
- Menegakkan keadilan yang dilaksanakan melalui badan peradilan.
- Ketertiban.
- Perlindungan.
- Pemeliharaan dan perkembangan.
- Membentuk norma-norma kenegaraan berupa undang-undang yang disusun oleh legislatif.
- Melaksanakan norma yang telah disepakati.
- Memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, keamanan, dan lain sebagainya.
- Mempertahankan kedaulatan suatu negara dari serangan bangsa lain.
- Menumbuhkan kesiapan untuk menghadapi berbagai kemungkinan bahaya.
- Menjalankan diplomasi untuk berhubungan dengan bangsa lain, dan lain sebagainya.
Lembaga Ekonomi
Ekonomi adalah segi yang vital dalam menunjang kehidupan
masyarakat di suatu daerah. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan yang
harus didapat oleh individu dalam mempertahankan hidupnya. Masyarakat
yang memiliki tingkat kenyamanan pasti memiliki sistem perekonomian
yang sempurna yaitu ada keseimbangan antara kegiatan produksi,
konsumsi, dan distribusi. Oleh karena itu untuk menjaga tingkat
kesempurnaan maka dibentuknya lembaga ekonomi.Peran dan fungsi lembaga ekonomi dalam masyarakat adalah sebagai berikut:
- Menjaga kesetabilan kegiatan ekonomi dalam masyarakat.
- Mengusahakan terpenuhinnya kebutuhan hidup setiap individu dalam masyarakat.
- Mengatur pendistribusian kebutuhan dalam masyarakat.
- Menyelesaikan permasalahan-permasalahn yang bersifat ekonomi dalam masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar