Laman

Jumat, 07 Desember 2012

CARA MENGUASAI 60 BAHASA DUNIA DI INTERNET


Berapa bahasa yang anda kuasai saat ini? Seberapa banyak anda mengakses internet dalam sehari? Situs-situs apa saja yang pernah anda kunjungi? Bahasa apa saja yang anda jumpai dalam situs yang anda kunjungi tersebut? Saat ini hampir tidak ada Negara yang tidak memiliki akses internet. Yang diakses di internet pada umumnya adalah melalui website tertentu dan menggunakan bahasa tertentu. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak dipakai di beberapa website tertentu. Selain bahasa Inggris, masih ada bahasa-bahasa besar lainnya yang penggunanya juga banyak seperti Bahasa Arab, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda, Bahasa Spanyol, Bahasa Italia, Bahasa Mandarin dan masih banyak lagi bahasa lainnya.

Kita mungkin dapat menguasai beberapa bahasa, tetapi mungkin tidak ada yang menguasai bahasa di seluruh dunia. Banyaknya bahasa yang dipakai di internet membuat kita enggan mengunjungi suatu website karena kita tidak mengerti bahasanya. Namun anda tidak perlu khawatir, dengan bantuan google translate anda dapat menerjemahkan bahasa website yang anda kunjungi. Pertama-tama yang anda lakukan adalah membuka website google translate, di: http://translate.google.com seperti tampak pada gambar berikut:




Gambar di atas adalah halaman google translate. Dari halaman ini, kita dapat menerjemahkan teks, dokumen ataupun halaman website. Untuk menerjemahkan teks masukan teks yang akan diterjemahkan dalam kotak yang tersedia. Anda dapat memasukkan teks dalam beberapa kalimat hingga beberapa paragraph sekalipun anda dapat menejermahkannya dengan google translate, setelah dimasukkan, klik pada translate atau biarkan saja, sebab google dapat menerjemahkannya secara otomatis sepanjang terjemahan instan pada halaman google translate dalam browser anda tidak dinonaktifkan. Perlu dicatat bahwa bahasa yang anda gunakan sebaiknya menggunakan bahasa baku.

Untuk menerjemahkan halaman web, masukkan saja halaman website yang akan anda terjemahkan pada kotak yang tersedia. Namun Anda harus perhatikan dahulu halaman web yang akan anda kunjungi menggunakan bahasa apa dan akan diterjemahkan ke bahasa apa, setelah halaman web dimasukkan, klik translate dan tunggulah hingga proses penerjemahan selesai. Selain menerjemahkan halaman web, google translate juga dapat menerjemahkan dokumen yang terdapat pada komputer. Untuk menerjemahkan dokumen pada komputer anda, klik pada translate a document. Halaman google translate akan berubah seperti gambar berikut:



Masukkan file dokumen yang akan anda terjemahkan dengan mengeklik browse dan jangan lupa memilih bahasa yang anda gunakan dan dalam bahasa apa dokumen tersebut diterjemahkan lalu klik translate dan tunggulah hingga proses penerjemahan selesai. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: